Muatan Lokal

Written by Mas Tri Posted in:

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester. Ini berarti bahwa dalam satuan tahun satuan pendidikan dapat menyelenggarakan dua mata pelajaran muatan lokal.
Seiring dengan dinamika zaman yang terus bergerak menuju arus globalisasi, keberadaan Bahasa Jawa dan Seni Suara Jawa dikhawatirkan akan tergerus oleh nilai-nilai global. Oleh karena itu, SD Negeri 1 Bringinsari menganggap penting adanya upaya pelestarian dan pengembangan Bahasa Jawa dan Seni Suara Jawa, Berdasarkan hal tersebut, maka SD Negeri 1 Bringinsari menempatkan Bahasa Jawa sebagai mata pelajaran Muatan Lokal Jawa Tengah dengan tujuan :
a.Bahasa Jawa adalah mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa Jawa
b.Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa
c.Memupuk tanggungjawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya Jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.
Sedangkan Seni Suara Jawa mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan mengapresiasikan Seni Suara Jawa
b.Memupuk tanggungjawab untuk melestarikan Seni Suara Jawa sebagai salah satu unsur kesenian nasional.
Dengan demikian untuk Bahasa Jawa diajarka pada siswa kelas I s.d. VI dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran per minggu dan Seni Suara Jawa sebagai mata pelajaran Muatan Lokal Kabupaten diajarkan bagi di kelas IV s.d. VI dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran per minggu.
Sedangkan sebagai upaya memberikan dasar bahasa asing bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, SD Negeri 1 Bringinsari metetapkan Bahasa Inggris sebagai muatan lokal sekolah, adapun tujuannya adalah :
a.Mengenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.
b.Membekali siswa untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era globalisasi.
Sebagai mata pelajaran Muatan Lokal Sekolah diajarkan bagi siswa kelas IV,V,dan VI dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran per minggu.

Label : automotive Hotels pimmy ride Phone Cell Property wallpapers Anti Vir car body design

Introduction

GAMES

PRIMBON RAMALAN JODOH