Untuk mencapai tujuan PKn dengan paradigma baru perlu disusun materi dan model pembelajaran yang sejalan dengan tuntutan dan harapan PKn, yakni mengembangkan kecerdasan warga negara dalam dimensi spiritual, rasional, emosional dan sosial mengembangkan tanggung jawab warga negara serta mengembangkan anak didik berpatisipasi sebagai warga negara guna menopang tumbuh dan berkembangnya warga negara yang baik.
Pembelajaran PKn selayaknya dapat membekali siswa dengan pengetahuan dan ketrampilan intelektual yang memadai serta pengalaman praktis agar memiliki kompetensi dan efektivitas dalam berpartisipasi. Oleh karena itu, ada dua hal yang perlu mendapat perhatian guru atau calon guru dalam mempersiapkan pembelajaran PKn di kelas, yakni bekal pengetahuan materi pembelajaran dan metode atau pendekatan pembelajaran.

Materi Pkn dengan paradigma baru dikembangkan dalam bentuk standar nasinal PKn yang pelaksanaannya berprinsip pada implementasi kurikulum terdesentralisasi. Ada empat isi pokok pendidikan kewarganegaraan, yakni
(1)Kemampuan dasar dan kemampuan kewarganegaraan sebagai sasaran pembentukan.
(2)Standar materi kewarganegaraan sebagai muatan kurikulum dan pembelajaran.
(3)Indikator pencapaian sebagai kriteria keberhasilan pencapaian kemampuan.
(4)Rambu-rambu umum pembelajaran sebagai rujukan alternatif bagi para guru.
Pembelajaran PKn yang berbasis portofolio memperkenalkan kepada para siswa dan mendidik mereka dengan beberapa metode dan langkah-langkah yang digunakkan dalam proses politik. Pembelajaran ini bertujuan untuk membina komitmen aktif para siswa terhadap kewarganegaraan dan pemerintahannya.
Langkah-langkah pembelajaran PKn yang berbasis portofolio meliputi :
(1)Mengidentifikasi masalah yang akan dikaji.
(2)Mengumpulkan dan menilai informasi dari berbagai sumber berkenaan dengan masalah yang dikaji
(3)Mengkaji pemecahan masalah.
(4)Membuat kebijakan publik
(5)Membuat rencana tindakan.

Label : automotive Hotels pimmy ride Phone Cell Property wallpapers Anti Vir car body design

Introduction

GAMES

PRIMBON RAMALAN JODOH