BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar BelakaNG
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya dapat berkembang optimal dan merasa enjoy melalui masa pendidikannya. Setiap orang tua mengharapkan anak berkembang secara fisik dan psikologis sesuai dengan tahap perkembangannya sehingga mencapai hasil yang optimal. Dengan demikian, memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak merupakan harapan setiap orang tua.
Selama ini di Indonesia kebanyakan orang tua memasukkan anak-anak mereka ke lembaga pendidikan agar anak mendapatkan stimulasi yang tepat. Sistem pendidikan ini memang sudah dipraktekkan selama bertahun-tahun dan memang memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Bagaimanapun juga, sebagai sebuah sistem buatan manusia pastilah tidak ada yang sempurna.
Dewasa ini tuntutan dalam dunia pendidikan sudah semakin meningkat. Pada jenjang pendidikan sekolah dasar siswa sudah dihadapkan dengan berbagai kompetensi yang harus dikuasai. Sementara untuk menguasai kompetensi yang distandarkan di sekolah dasar sangat dibutuhkan keterampilan siswa dalam hal mengenal huruf atau membaca. oleh karena itu pada saat masuk sekolah dasar siswa harus sudah mampu membaca.
Berkaitan dengan permasalahan di atas, maka keterampilan membaca sudah harus ditanamkan pada anak usia Taman Kanak-kanak. Sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia TK yang masih memerlukan suasana bermain, maka guru Taman Kanak-kanak, dalam memberikan atau mengajarkan keterampilan membaca haruslah memilih metode atau teknik yang menarik bagi anak.
Dewasa ini berbagai model pembelajaran dan metode sudah banyak dikenalkan di kalangan pendidik. Guru juga dituntut untuk selalu berinovasi dalam mengajarkan materi kepada peserta didiknya. Inovasi di sini meliputi model, metode dan pemanfaatan media pembelajaran.
Dalam pembelajaran peranan media atau alat peraga sangat diperlukan agar siswa tidak verbalisme. Berdasarkan hel tersebut, maka dalam penelitian ini peneliti akan mengadakan penelitian tentang efektifitas pemanfaatan kartu huruf dalam peningkatan membaca siswa TK Pertiwi Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.

B. Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah dilakukan dalam upaya agar penelitian ini menjadi lebih terfokus. Identifikasi masalah dimaksudkan untuk mengungkap semua permasalahan yang mungkin timbul selama penelitian dilakukan. Adapun identifikasi permasalahan berkaitan dengan judul di atas adalah :
a.Keterampilan anak dalam hal membaca masih rendah.
b.Siswa merasa kesulitan dalam menghafal huruf dan kata.
c.Guru belum menggunakan media dalam pembelajaran.
C.Pembatasan Masalah
Mengingat adanya keterbatasan-keterbatasan peneliti terutama dalam hal dana, waktu, teori, dan yang lainnya, agar penelitian ini dapat dilakukan secara lebih mendalam maka peneliti sengaja melakukan pembatasan masalah. Pambatasan masalah bertujuan agar penelitian ini menjadi lebih terfokus pada permasalahan, sehingga hasilnya diharapkan akan lebih akurat. Adapun pembatasan permasalahannya adalah sebagai berikut: Peningkatan Belajar Membaca dengan Kartu Huruf pada Siswa TK Pertiwi Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.

D.Rumusan Masalah
Agar penelitian dapat dilakukan secara sistematis, maka permasalahan perlu dirumuskan terlebih dahulu sehingga peneliti mempunyai arah yang jelas dan tujuan yang pasti. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: bagaimana upaya guru dalam meningkatkan belajar membaca dengan kartu huruf pada siswa TK Pertiwi Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal?
E.Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan sejauh mana efektifitas penggunaan kartu huruf dalam upaya meningkatkan belajar membaca dengan pada siswa TK Pertiwi Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.
F.Manfaat Penelitian
Setelah dirumuskan tujuan yang ingin dicapai penelitian ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat, baik secara teoritis maupun praktis.
a.Manfaat secara teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat manjadi masukan bagi stake holder dalam peningkatan kualitas pendidikan
b.Manfaat secara praktis
1)Bagi guru
Sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan kual;itas proses pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran.
2)Bagi siswa
Siswa mendapatkan pelayanan dan pelatihan membaca secara lebih efektif
3)Bagi sekolah
Sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah kaitannya dengan pengambilan kebijakan yang berkenaan dengan peningkatan kualitas siswa.
4)Bagi peneliti
Sebagai wahana bagi peneliti untuk menambah ilmu pengetahuan dan menuangkan gagasan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

Label : automotive Hotels pimmy ride Phone Cell Property wallpapers Anti Vir car body design

Introduction

GAMES

PRIMBON RAMALAN JODOH