Variabel Penelitian

Written by Mas Tri Posted in:

Variabel adalah obyek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. (Suharsimi Arikunto, 1993:89).
Sementara Sugiyono (2002:2) mengatakan yang dimaksud variabel adalah merupakan gejala yang menjadi fokus peneliti untuk diteliti, sedangkan macam-macam variabelnya adalah veriabel independent atau veriabel bebas dan variabel dependent atau veriabel terikat.
Menurut Sutrisno Hadi (2000:224) variabel penelitian adalah ciri atau karakteristik dari individu, objek, peristiwa yang nilainya dapat berubah-ubah sehingga memungkinkan untuk dilakukan pengukuran baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
Berdasarkan uraian di atas variabel dapat diartikan segala yang akan menjadi obyek penelitian yang mempunyai nilai kuantitatif. Variabel penelitian dapat dibedakan menjadi dua variabel yaitu variabel yang mempengaruhi dua variabel akibat. Variabel yang mempengaruhi disebut variabel penyebab, variabel bebas atau independentvariable (x).
Sedangkan akibat disebut variabel tak bebas , variabel tergantung ,variabel terikat atau dependent variabel (y).
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan diteliti:
1. Variabel bebas, pelaksanaan perencanaan karier yang merupakan unsur yang mempengaruhi unsur lain, dan diberi lambang (X)
2. Variabel terikat,motivasi melanjutkan sekolah siswa kelas III SMA N I Sukorejo Kabupaten Kendal, yang merupakan unsur yang dipengaruhi oleh adanya variabel bebas, dan diberi lambang (Y)
Jadi yang dimasud veriabel penelitian adalah pokok permasalahan yang akan diteliti pada suatu penelitian. Pokok permasalahan ini dapat berupa faktor-faktor yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhi.
Dalam penelitian ini akan dicari korelasi antara perencanaan karier dengan motivasi melanjutkan sekolah siswa kelas III SMA Negeri 1 Sukorejo tahun ajaran 2004-2005.

Label : automotive Hotels pimmy ride Phone Cell Property wallpapers Anti Vir car body design

Introduction

GAMES

PRIMBON RAMALAN JODOH